Banten Science Day


Alhamdulillah akhirnya bisa ngeblog lagi dengan post-an yang InsyaAllah menarik dan bermanfaat -skip.




Yap, bisa dilihat dijudulnya, kalau di postingan yang ini aku akan tell my experinces sewaktu mengikuti Banten Science Day 2013. Jadi, ini adalah acara Sains yang seru abis tanpa harus baca buku. Tapi kalau searched google sih iya siiiih waktu lagi kuis. wkwk. Pertama, aku ceritain dulu deh  kenapa aku tau acara ini. Jadi waktu itu aku di follow @BantenSainsDay. Aku langsung follback akun itu dan nanya memang ada acara Banten Sains Day kah. Tapi kata admin, iya memang mau ada acara. Untuk detailnya nanti diinfokan lagi. Beberapa hari kemudian, admin BSD memberi info tentang acaranya. Nah aku excited banget nih. Apalagi di gelar di Anyer. At least, ini -lumayan- deket sama rumahku. Udah gitu aku cari-cariiii infonya dan dikasih link bantenscienceday.com. Di situ aku perhatiin dengan saksama. Firasatku, it will be  great event! Jadi aku berniat untuk ikut ini dan ajak teman-teman dekatku yang kebetulan kami semua cinta alam. Sebenarnya aku juga ajak temen-temen sekelas, yap, sekelas! Tapi mereka punya acara sendiri di weekend. Jadi, yang ikut hanya Aku, Neng, Lia, Putri, Tanti. Sebenarnya Ajeng sudah mendaftar, namun ada acara yang tak bisa diwakilkan. Sehingga Lia kami paksa dengan senang hati menggantikannya -kedipmata. Unik juga sih waktu perkenalan di dalam kelompok, si Lia ditanya namanya dan dia jawab Lia dong ya. Dan kemudian orang yang nanya itu langsung kebingungan. Kok bisa Ajeng Raihand Mutiara dipanggilnya Lia. Ya, jadi nametagnya sudah dibuat nama Ajeng. Karena aku yang ngajak dan yang paling excited, aku harus menanggung konsekuensi. Yaitu mendaftarkan mereka semua lewat online. Tau gak sih, waktu ngedaftarinnya aku was-was banget, takut kuotanya abis duluan. Jadi, aku daftarnya pagi-pagi dan cara daftarnya buka 5 tab dengan website yang sama. Dan aku ngisi datanya gini. Misalkan aku lagi ngisi nama, ya semuanya diisi nama. Jadi bulak-balik gitu. Kenapa? takutnya nanti udah ada yang ke daftar, tapi yang lainnya kehabisan kuota. Kan gak lucu ya :( kyahahaha. Udah ya, basa-basinya keburu basi. jadi intinya mah Kami ikut BSD. Dan sekarang aku ingin ceritain pengalaman kami selama di BSD. Check it out!!!


Haaaah akhirnya kami sampai juga di BSD, setelah pusing-pusingan, mual-mualan, gila-gilaan di mobil. Emang kapan berangkatnya? Udah, pura-puranya udah berangkat aja! wkwk, kami berangkat dari rumah jam 1 dan sampai sana jam 3, ketinggalan sesi pertama :( hiks. tapi lebih baik telat kan, daripada gak dateng? :p -membeladiri. Di sana kami langsung registrasi ulang dan mendapatkan kwitansi serta snack. terus kami menyimpan barang bawaan kami di dalam ruangan yang cukup besar - aula. kami di arahkan panitia untuk langsung bergaung dengan kelompok yang sudah dibentuk. lalu kami berpencar. and ... gotcha! aku sama Lia satu grup. yang lain mencar :( di kelompok itu kami di arahkan untuk membuat roket air. roket air kelompokku sudah setengah jadi, tinggal di tempel sanyapnya (?), jadi gak tau deh proses pembuatannya. Setelah itu, setiap kelompok menampilkan roketnya dan perwakilan harus mengarahkan ke papan sasaran dekat pohon kelapa. duh di sini banyak kendala nih. seperti roket yang sudah siap diluncurkan malah tidak bisa dan lain sebagainya. Tapi lucu juga sih huahahaha, masa roketnya ada yang meluncur mendatar gitu di tanah, ada juga yang ke pohon kelapa dan meledak di udara, ada juga roket yang malah berenang di laut sampai ada juga roket yang belum diluncurkan sudah rusak duluan. hahaha. oh iya, selama main sama roket, peserta BSD di arahkan dari Kreammur. selain roket air, kami juga menyaksikan pesawat-pesawatan terbang yang dikendalikan. keren deh pokoknyaaa. di sana juga aku ketemuTante Tias Tatanka, dan aku, dkk minta foto bareng. kami juga ketemu Kak Bella. kalau aku sama kak Bella emang udah janjian sih, iya gak kak? -kedipmata. karena udah jarang ke Rumah Dunia, jadi jarang ketemu Kak Bella. so, begitu ketemu di acara yang super duper keren ini, aku mengajak teman-teman untuk foto bareng dengan kak Bella. hihi.






Setelah itu, kami shalat ashar dahulu, kemudian bermain dengan hewan ... reptil! Iya, reptil! Mulai dari kura-kura, iguana, ular sampai buaya. buaya kecil sih hahaha. tapi tetap aja, giginya tajam-tajam. apalagi mangaaaap mulu, gak mau mingkem -_- oh iya, ada juga hewan sejenis cicak gitu tapi lebih besar. terus hewan ini cantiiiiiiik banget, warnanya lucu-lucu, keren, eksotis, ah pokoknya pengen banget meliharanya -mulaimupeng. di kesempatan yang berbahagia langka itu, aku dan teman-teman bertanya-tanya tentang reptil juga foto bersama. tapi kayaknya cuma aku yang excited banget sama reptil yak? ._. dikit-dikit minta fotoin, dikit-dikit minta fotoin, nanti banyak-banyak lagi minta fotoin. apalagi waktu foto banyakan sama ular paling besar yang di bawa, aku kebagian paling ujung deket kepala, dan terpaksa pegang deket kepalanya itu. keliatannya sih aku seneng banget yak. tapi dalemnya kamu-kamu pada tau gak sih kalau aku itu underpressure? kamu tau gak siiiiih? helllo sadar dongggg! ya yang aku maksud itu, aku mengalami tekanan. ya tekanan akibat massa ular itu yang bobotnyaaaaa berapa kali lipat dari aku!-krik. garing yak? >.< ah sudahlah lupakan, jadi malu xD wkwk. pokoknya nih aku excited banget waktu reptil apalagi waktu megang hewan-sejenis-cicak dan iguana. hrrrrr swear dah gak mau ngelepasin mereka dan pengen banget melihara mereka. oh iya, just fyi, walaupun judulnya reptil, tapi ada juga loh yang baawa musang. karena aku dan teman-teman penasaran, akmi dekati musangnya dan hmmm wangi pandan. musangnya udah jinak, tapi tetep aja kalau di pindah ke pundak selain pemiliknya, dia rempong sendiri, mondar-mandir kayak ngerasa lagi galau di PHP-in hahha. tapi kata pemiliknya, musang bukannya lagi galau gak suksa sama selain majikannya. tapi, musang rempong gitu karena dia lagi cari tempat yang nyaman. ya untuk berdaptasi gitu lah -tsaaaah.




Udah maghrib aja yaaaa :( sekarang peserta shalat maghrib dahulu di aula, termasuk aku, dkk. abis shalat maghrib, kita makan bareng di aula. seru kali ya, kalau makan malamnya ala-ala candle dinner gitu di deket tenda. agenda BSD setelah dinner adalah Ufologi. waaah ini materi yang interesting sekali bagiku. pokoknya gak nyangka aja gitu ya ada komunitas yang bener-bener misinya mencari jejak UFO. ya coba aja kalau aku denger news ada UFO ya rada takut juga tapi percaya gak percaya dan gak ada langkah untuk coba meneliti. tapi pernah sih terbesit niat nyari UFO. tapi waktu itu kan dikira UFO sama aliennya baik kayak CJ7 :( -sokpolos. jadi kakak-kakak Ufonesia ngejelasin Ufologi itu apa sih. pasti udah tau kan kalau UFO itu apa? yap, Unidentified Flying Object! pokoknya ilmu ini bermanfaat banget dan belum pernah aku dapatkan di mana-mana, termasuk toko kesayangan terdekat -apainiiii-_-. Kamu tau, kalau katanya Dago - Bandung itu merupakan gerbang masuknya UFO ke Indonesia. jadi kalau UFO mau jelajah Indonesia, benda itu pertama kali masuknya lewat Dago - Bandung. terus juga di Surabaya ada yang pernah liat UFO. dan pernah juga di serang dengan senjata udara punya Indonesia selama seminggu. tapi gak ada yang jatuh atau darah. yang ada malah pohonnya pada tumbang kena tembakan. ih, serem juga ya. oh ya, masa sih Alien ada klasifikasinya? kayak makhluk hidup aja yak, apa jangan-jangan nanti UFO dipelajari di biologi .-. hihi. "kan katanya belum ada yang pasti liat UFO, tapi kenapa ada klasifikasinya berikut ciri-ciri fisiknya?" ya waktu itu pernah dikumpulin sekitar 200 orang yang pernah mengaku melihat UFO. dan mereka semua dihipnotis lalu disuruh menggambar alien yang pernah mereka lihat. dan hampir semuanya bentuk alien yang digambar 200 orang itu sama! ingat ya, mereka itu ngegambar dalam keaadaan terhipnotis jadi gak ada yang namanya ngikutin satu sama lain atau plagiat. hueeek. jadi akhirnya ahli-ahli yang meneliti UFO dan Alien mengklasifikasi jenis-jenis alien. eh terus aku mau cerita lagi nih. waktu itu kakak-kakaknya cerita kalau komunitas mereka pernah diundang ke Kick Andy. dan di sana ada juga 1 keluarga yang diundang. mereka bapak, Ibu, seorang anak. keluarga itu bercerita ... waktu itu anaknya mau ke sekolah dan begitu keluar dari pintu, ia melihat UFO di lapangan depan rumahnya. lantas ia terkejut dan memanggil orang tuanya. orang tuanya juga menyaksikan UFO. setelah itu, beberapa hari kemudian, 1 keluarga itu bermimpi bahwa merka di bawa ke satu ruangan yang putiiih dan di sana mereke seperti orang terdakwa yang diinterrogasi oleh alien, lalu mereka di suntik di bagian leher - bawah telinga. 1 keluarga itu mimpinya sama! keeseokan harinya, mereka memeriksa lehernya apa ada suntikan. benar saja, ada! selama beberapa hari, mereka sperti orang linglung. Dan kemudian, si anak menyari info-info, sebenarnya ini tanda-tanda apa. dan si anak dan orang tuanya begitu shock ketika mengetahui bahwa kejadian yang dialaminya merupakan tanda bahwa mereka sudah diculik alien! untung saja dikembalikan ya ke bumi, tanpa minta imbalan uang dan alien minta pulsa .-.-seriuspirserius! gilaaaa bisa dibayangin gak sih kalau 'misalkan' kalian diculik alien? ihhh. oh iya, yang paling mengerikan, kejadian ini terjadi di Bekasi! masih lumayan deket ooooy sama Serang >.< ah elaaah dari tadi kok cerita ya? udah ah gak papa ya, cerita aja. oh iya, awas ya, hati-hati penipuan yang bilang kalau in UFO lah apa lah. bisa jadi yang sering kamu lihat itu Black Sun Effect. ini disebabkan kamera hp vga yang kewalahan motret cahaya -apacoba?-_- ya intinya karena matahari cahayanya besar dan mencolok banget, jadi timbulnya buka cahaya matahari yang elegan, tapi matahari yang terkesan gosong. terus ada juga issue yang crop circle. tau kan? pasti tau lah ya. nah itu ternyata dibuat petani atau penduduk setempat tauuu -_- bukan jejak UFO dan sebagainya. jadi kalian jangan terlalu berbangga hati jika menangkap benda sperti UFO di lensamu. karena bisa jadi itu komet, burung, BSE. hati-hati kalau sok-sok nyebarin foto yang menurut kamu itu adalah UFO. kalau diteliti dan ketahuan bohongnya, siap-siap aja di bully. jangan mengikuti jejak kasus UFO di Blok M yak, wkwk :v Eh iya, katanya nih ya nanti ketika kita kiamat, kemungkinan ada makhluk baru yang survive. ya contohnya aja ketika manusia megantropus dan teman-temannya itu musnah, gantian kita yang huni nih bumi. jadi nanti makhluk hidup yang akan survive itu memiliki kecerdasan yang sangaaaaat tinggi dari jaman kita sekarang. mereka gak perlu menggerakkin badan untuk menggerekkan dunia. mereka hanya berpikir saja. nah maka dari itu, karena mereka banyak berpikir, jadi otak mereka membesar diikuti kepalanya juga dan akan mengecilkan tubuh mereka. bisa dibayangkan kayak apa? Yup! kayak alien yang sekarang sering diilustrasikan; yang kepalanya besar namun badannya kecil. udah dulu dah ya untuk Ufo. jadi intinya, UFO itu ilmu semu lah gitu, susah juga dibuktiinnya. ya mungkin orang yang sudah pernah lihat pasti percaya, lah kita orang awam yang menyepelekan gituan kayaknya, "ih apaan sih percaya gituan, gak penting taoooo." tapi kabar baiknya, InsyaAllah UFO, alien, dkk tidak membahayakan kok. InsyaAllah loh ya :p oke, for further, kalian bisa follow @ufonesia dan tanya-tanya tentang UFO :)


Setelah Ufologi, peserta langsung disuguhkan materi Astronomi oleh kak Adam dari Adam&Sun. woooh belum materi udah langsung kuis trivia ajaaa >.< eh tapi susah-susah gampang sih, umum gitu. pertanyaannnya kurang-lebih gini:
1. Rasi bintang apakah ini? Scorpio
2. Bintang apa yang terdekat dengan bumi? Matahari
3. Ada berapa angka 9 sampai 100? 20
4. Siapakah nama astronout ini? Edwin Aldrin
5. Gambar apakah ini? Gerhana Matahari Cincin Antrumbra.
Padahal aku bener 3, tapi gak maju, udah pewe wuakkakakkak. yang menarik, di sini kita berkesempatan nonton Gravity gratis! gak mesti beli popcorn sama soft drink! mau tidauran boleh mau ngapain boleh bebaaaas. asiiik nonton Gravity! tapi cuma traillernya aja yak >.< wkwk. Terus berdasarkan info yang aku dapat dari Kak Adam mengenai fakta dan fiksinya film Gravity adalah:
1. Harusnya judulnya diganti jadi Zero Gravity, karena diceritakan kalau di sana tidak ada gravitasi. Sedangkan kalau judulnya Gravity, konteksnya kan berarti di sana masih ada gaya tarik. Iya kaan?
2. Kalau Gravitasi gak ada, seharusnya kalau Bullock menarik tali pangaman temennya yang jatuh itu, tali pengamannya bakalan mendekat, bukan malah menjauh.
3. Terus di ceritakan kalau pemeran utama itu dokter medis, kenapa ngurusin masalah yang bukan bidangnya. Logikanya kan tau sendiri ya.
4. Yang parahnya, ada wanita yang waktu di tempat zero gravity, rambutnya gak berdiri! Kalau yang ini baru aku ngerti xD tau sendiri kan ya, namanya kalau gak ada gravitasi, rambut kita bakalan kayak anak punk semua. betul gaaaak?
Kalau ada yang salah atau kurang tepat atau ada yang tahu selain yang telah disebutkan di atas, komen aja yaaa. kalau mau komen, add dulu FBku dan follow twitterku, juga join Blogku -modus -skip -bye.
Tbh aja nih ya, aku gak terlalu enjoy waktu penjelasan astronomi. bukannya apa-apa, cuma aku gak ngertiiii wakakkka, apalagi kalau udah ditanya-tanya ini rasi bintang apa, bintang apa, bintang apa. Tapi aku jadi semangat banget waktu Kak Adam nayangin video eksperimen peluncuran robot ke Mars. tuh video menarik banget gilaaaa keren! jadi NASA ngirim robot ke Mars pakai roket. di tengah jalan sayang banget ya, roket yang tadinya besar panjang di lepas satu persatu belakangnya, hingga akhirnya si robot mendarat di mars cuma pakai kayak apaan yak, parasut atau apa gitu deh yang ngebungkus dia. nah tugas dia itu ngirim sinyal ke NASA kalau udah sampai Mars. NASA juga lagi nobar tuuuuh pake laya tancep -eh, dan NASA seneng bangeeeet begitu dapet sinyal dari robot. Itu artinya, percobaan peluncuran ke Mars berhasil! duruururut horeee! Kata Kak Adam juga, sekitar 2020an nanti akan ada percobaan manusia ke Mars. di sana orang tersebut akan menjalankan kehidupan baru dan harus membentuk kelompok masyarakat lagi, jadi kemungkinan banyak yang akan ke sana. kamu mau? mau banget? oke, nanti kamu daftar aja. tapi ada syaratnya. kamu gak bisa ketemu lagi sama orang tua dan orang-orang yang kamu sayangi. karena kalau kamu sudah ke Mars, gak boleh - tepatnya gak bisa balik lagi ke Bumi, karena di mars gak ada bahan bakar roketnya untuk pulang ke bumi, jadi ya kamu di sana bisa aja kecelakaan atau stres atau gimana kan. jadi ya di Bumi tercinta aja ya, my lovely earth! Setelah ditayangin itu, kami juga disuguhkan tayangan video Bagaimana Keramas Di Luar Angkasa, Bagaimana Bermain Dengan Air Di Luar Angkasa, Bagaimana Tidur Di Luar Angkasa dan Bagaimana Makan Di Luar Angkasa. tayangan favoritku dari yang baru aja kusebutin adalah Bagaimana Bermain Dengan Air Di Luar Angkasa. Karena lucu aja gitu ngeliat airnya. apalagi waktu tissuenya diperas sama waktu airnya jadi kayak susah lepas dari tangan sama tentunya jam tangannya yang ngebet banget pengen kabur dari tangan. hahaha. Kami juga dikasih tau tentang teleskop loh; Refrektor dan Reflektor. pokoknya seru banget deh kalau udah soal nonton dan praktik. tapi kalau udah balik lagi ke rasi-rasi, yaaa hahha. oh iya, kami juga dikasih tau sebenernya apa sih Meteor Shower Geminids itu dan kita juga dilihatin gimana Meteor Shower Geminids itu. Ternyata, Meteor Shower Geminids merupakan salah satu Meteor Shower terbaik. Duuuh makin kepengen aja ya liatnya.


Setelah materi selesai, peserta dibolehkan beristirahat. Sebelumnya masing-masing mengambil segelas kopi susu atau jahe. Kemudian untuk yang perempuan, tidur di Villa-nya, sedangkan yang laki-laki tetap di aula atau bisa juga di tenda. niat awal aku dan teman-teman tadinya mau di tenda. tapi cuacanya gak asik, terus takut reptil yang tadi di bawa ada yang ketinggalan di bawah tenda xD lagipula, ngeri juga sih, jarak sama lautnya dekat. dekat banget malah. udah ombaknya besaaaar. jadi ya yang lebih aman dan nyaman ya di Viila. aku dan teman-teman sekamar, ditambah beberapa orang lagi peserta yang lain. untuk mengakali bagaimana caranya bisa 8-9 orang tidur dalam 1 kamar, aku, dkk berpikir. dan alhasil, kami menggelar selimut di lantai. dan kami tidur di atas lantai dilapisi selimut. sedangkan peserta lain kami persilahkan tidur di atas. tadinya sih sok-sok asik gitu tidur di bawah, dibawa enjoy aja. tapi kok makin larut malam makin kerasa ya dinginnya. brrrr. sampai-sampai aku, dkk tidur pakai mukena. huahaha. ya siapa juga ya yang tahan dinginnya ruangan yang pakai kayu dan 1 AC? udah kayu, tambah AC pula. dingiiin. beberapa kali diolesi tuh kaki pakai minyak kayu putih. wkwkwk. karena kami belum terlalu ngantuk, kami putuskan untuk medengarkanku bercerita. cerita yang aku bawakan dari buku terbaruku, My Spooky Moment. tapi ternyata kami mengganggu peserta yang sudah tidur dan kebetulan di lantai bawah ada bayi. jadi kami putuskan untuk berhenti bercerita dan mulai .... zzzz! oh iya, kata Kakak panitia, nanti kalau ada Meteor Shower Geminids, kami dibangunkan secara paksa. tapi kok aku gak ngerasa ada yang ngebangunin ya? ternyata benar saja. sebenernya MS Geminids sudah mulai pada pukul kira-kira 4 subuh. tapa pada pukul tersebut, langit masih aja ngambek. menduuuung banget. jadi ya apa boleh buat, acara puncaknya tidak bisa di saksikan :( tapi ya sudahlah, tahun depan kita bisa liat lagi kan? kamu juga pasti mau ikut kan?


Esoknya, kami bangun tidur jam 4.40 subuh. yang paling akhir bangun aku, karena emang aku yang paling akhir tidur. tapi telat bangunnya gak telat banget kok, cuma beda beberapa detik aja (?) -membeladirihaha. Kami turun ke bawah, hendak mandi dan berwudhu. tapi siapa sangka, baru gosok gigi airnya sudah krisisss. terpaksa kami tidak jadi mandi dan hanya cuci muka serta memanfaatkan sebaik mungkin untuk wudhu. duuuh aib nih belum mandi haha, makanya buru-buru pulang xD ssst jangan bilang-bilang yaaa. walau kami enggak mandi, kami tetap wangi dan membawa kebahagiaan kok haha.


Setelah selesai beres-beresin tas, kami ke luar Villa menuju aula. di sana kami makan bubur kacang hijau. 3 gelas untuk 5 orang. dan hasilnya gak abiiiiis. sudah barengan masih aja gak abis yak? haha. sehabis makan, aku, Putri dan Neng liat-liat video dan foto. sedangkan Tanti mojok lagi ngecharge HPnya. begitu dengan Lia yang sibuk dengan HPnya di sisi kiri. lalu, kami berpikir untuk foto-foto. ya, lagi! dan yang ini lebih lebih lebih gokiiil! soalnya ada Kak Chogah, Kak Ali yang ikut merusak kamera :p dan ada juga tante -duhlupatanyanamaxD yang gaulnya gokiiil! pokoknya seru banget deh. oh iya, yang punya foto aku, masukin yaaa. bisa tag aku di facebook atau tag unameku @annfirdaus -promosicolongan.



Beberapa menit kemudian kak Adam ngumumin untuk peserta agar berada di dalam aula. karena di sana, peserta akan di kasih merchandise (kalendar 2014, tupperware kecil, stiker, pin, flyer Space for Space) dan sertifikat. tapi sebelumnya ada beberapa peserta yang memberi kesan dan pesan untuk Banten Science Day perdana ini. termasuk aku. aku juga ngasih penilaian gitu. jadi intinya aku kasih nilai 98% dari 100% nilai total. 2% hilang karena yang 1% aku dkk kecewa gak bisa liat Meteor Shower Geminids dan 1% laginya aku dkk terlanda krisis air >.< tapi seruuuuuuu banget! oh iya, aku kasih saran gini ke panitianya. mungkin lebih seru jika malamnya ada api unggun dan pentas seni. kalau menurut kamu - yang ikutan BSD 2013 bagaimana? ku tunggu laporan kalian yaaa ;) untuk kamu - yang tidak ikutan BSD 2013 juga bagaimana? adakah minat untuk ikut? dijamin seru deeeh!


cheers,
remaja perempuan yang sedang euforia Banten Science Day 2013,
Annisa Firdaus.

One thoughts on “Banten Science Day

  1. halo annisa tulisanya dimuat di web banten science day ya ? blog.bantenscienceday.com (http://blog.bantenscienceday.com/2013/12/23/banten-science-day-oleh-annisa-firdaus/)

    mau jadi kontributor untuk penulis di blog bsd kah ?
    kalo bersedia kirim email ke kami ya di contact[at]bantenscienceday[dot]com :)

    BalasHapus

Followers